Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi pada Prestasi Belajar, Koneksi Matematika, dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama di Kotamobagu.

Katuche, Merry Florencia (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi pada Prestasi Belajar, Koneksi Matematika, dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama di Kotamobagu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-merry-florencia-katuche-15709251084.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika realistik yang berorientasi pada prestasi belajar, kemampuan koneksi matematika, dan disposisi matematis yang valid, efektif dan praktis dalam penggunaannya. Pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik terdiri dari 5 tahap yaitu pendahuluan/pengenalan, memahami permasalahan, mendeskripsikan masalah, menyelesaikan masalah, membandingkan/berdiskusi, menarik kesimpulan bersama. Perangkat pembelajaran yang dikembangknan pada penelitian ini terdiri dari RPP dan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4-D yang terdiri dari (Define, Design, Develop, Disseminate). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIF SMPN 4 Kotamobagu Sulawesi Utara dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes prestasi belajar, soal kemampuan koneksi matematika, dan angket disposisi matematis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Tes yang digunakan yakni tes prestasi belajar dalam bentuk pilihan ganda, dan tes koneksi matematis bentuk uraian. Non tes berupa angket disposisi matematis, penilaian kevalidan ahli, kepraktisan guru, dan kepraktisan dosen. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil validasi, perangkat pembelajaran matematika realistik dikatakan valid oleh tim validator ahli. Hasil uji coba pembelajaran menunjukan bahwa perangkat pembelajaran matematika realistik memenuhi kriteria praktis, hasil ini diperoleh dari penilaian guru dan siswa. Hasil penelitian juga menunjukan perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah efektif ditinjau dari prestasi belajar, koneksi matematika dan diposisi matematis siswa. Hal ini ditunjukan masing-masing dari hasil tes prestasi siswa dimana siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 79,31%, koneksi matematika 72.41 % dan disposisi matematika 75,86% terkategori tinggi. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk prestasi belajar, koneksi matematika dan dispoisi matematis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, matematika realistik, kontekstual, prestasi belajar, koneksi matematika, disposisi matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Feb 2018 01:43
Last Modified: 09 May 2019 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55757

Actions (login required)

View Item View Item