Pramulatsih, Endah (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PENDEKATAN BCCT DALAM HAL MENGENALKAN KONSEP BILANGAN PADA SISWA KELOMPOK A TK ABA UKHUWAH ISLAMIYAH. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
Endah P.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan kognitif anak usia dini dapat meningkat dengan menggunakan Pendekatan Beyond Centers and Circle Time dalam rangka mengenalkan konsep bilangan pada siswa kelompok A TK ABA Ukhuwah Islamiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini dalah siswa kelompok A TK ABA Ukhuwah Islamiyah Kadipaten Kraton Yogyakarta. Objek penelitian ini berupa kemampuan kognitif anak meliputi metode pendekatan BCCT dan konsep bilangan. Seting penelitian mengambil tempat di TK ABA Ukhuwah Islamiyah Kadipaten Kraton Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: kemampuan kognitif anak dapat meningkat dengan menggunakan metode Pendekatan Beyond Centers and Circle Time dalam hal mengenal konsep bilangan pada siswa kelompok A TK ABA Ukhuwah Islamiyah Yogyakarta yaitu dengan perolehan hasil (1) membilang dengan benda/gambar 80%, (2). Mengurutkan bilangan dengan benda/gambar 70%, (3). Menghubungkan lambang bilangan dengan jumlah benda/gambarnya 85%, (4). Membedakan jumlah sama, tidaksama, lebih banyak lebih sedikit sebanyak 85% Kata kunci : Kognitif, pendekatan BCCT, konsep bilangan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 13 Sep 2012 15:37 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5574 |
Actions (login required)
View Item |