LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Yuda Dwi Prasetyo, Yuda Dwi Prasetyo (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yuda Dwi Prasetyo.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan merupakan program yang bertujuan untuk menerapakan keilmuan yang didapat olah mahasiswa selama mengikuti perkuliahan. Dalam PLT ini mahasiswa akan dipertemukan di dunia kerja secara nyata. Mahasiswa akan mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalama ketika belajar secera langsung realitas dunia kerja yang ada. Pada PLT ini mahasiswa ditempatkan di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, dan tiap-tiap mahasiswa dituntut untuk mempunyai program indvidu selama menjalankan PLT ini. Pada PLT 1 mahasiswa sudah merencanakan program kerja Rekapitulasi Sekolah Penerima Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kabupaten Klaten Tahun 2017, akan tetapi pada pelaksanaaan PPL 2 Dinas Pendidikan meminta program dirubah sesuai dengan urgensi yang ada. Program yang dilaksanakan mahasiswa akhirnya berubah menjadi Seleksi dan Rekapitulasi data Guru Tidak Tetap (GTT) Sekolah Dasar se-Kabupaten Klaten. Program ini dilaksanakan karena Dinas Pendidikan segera memerlukan data ini untuk permohonan SK Bupati. Program ini bertujuan untuk menyeleksi Guru Tidak Tetap Sekolah Dasar di kabupaten Klaten antara yang linear pendidikan dengan tugas yang dijalani dan yang tidak linear. Pelaksanaan program dibantu oleh kepala seksi seksi Pesserta Didik dan Pembangunan Karakter beserta staf. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa PLT terwujud sebagai berikut : Koordinasi Pembuatan tabel rekap kecamatan/ UPTD se-kabupaten Klaten; Melakukan pengecekan terhadap berkas GTT yang telah masuk; Melakukan pengurutan berkas sesuai urutan yang ada pada rekapan; Menandai dan memisahkan antara berkas yang linear dan tidak linear; pelaporan kepada kepala seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter; yang kemudian data-data tersebut akan diajukan ke Bupati sebagai salah satu persyaratan permohonan SK terkait pemberian honorarium GTT yang diambil dari dana BOS.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Pendataan Perpustakaan Sekolah, Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Feb 2018 03:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55737

Actions (login required)

View Item View Item