Shinta Surya Danutirta, Shinta Surya Danutirta (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Sinta Surya Danutirta.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
lapangan, selain itu mahasiswa juga dapat belajar dari praktik-praktik di lapangan secara langsung. Sebelum pelaksanaan PLT, penulis berserta teman-teman Tim Kelompok PLT UNY 2017 melakukan observasi terlebih dahulu, dimana pada saat melaksanakan observasi ditemukan beberapa masalah. Program kerja yang dijalankan penulis berbeda dari rencana program kerja yang ditemukan pada saat observasi, hal ini dikarenakan rencana program kerja pada saat observasi telah terlaksana sebelum penerjunan mahasiswa PLT, maka dari itu penulis menentukan program yang berjudul “Seleksi Data Guru Tidak Tetap (GTT) Sekolah Dasar Kabupaten Klaten”. Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten di bidang Pembinaan Sekolah Dasar pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Tujuan dari program Seleksi Data Guru Tidak Tetap (GTT) Sekolah Dasar Kabupaten Klaten adalah untuk membantu pegawai bidang Pembinaan Sekolah Dasar khususnya seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter untuk mengetahui Guru Tidak tetap (GTT) yang layak meneriman dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS). GTT yang meneriman dana BOS tersebut adalah guru yang memiliki pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan Sekolah Dasar yaitu Pendidikan Guru Sekoah Dasar (PGSD), Bahasa Inggris, Bahasa Daerah, Agama dan Olahraga. Selama pelaksanaan program kerja ini penulis dibimbing dan dibantu oleh staf seksi peserta didik dan pembangunan karakter sehingga dapat terselesaikannya program kerja ini. Dalam pelaksanaanya penulis menyeleksi data yang masuk dari 26 kecamatan yaitu : (1) Klaten Tengah (2) Klaten Utara (3) Klaten Selatan (4) Kalikotes (5) Ngawen (6) Kebonarum (7) Wedi (8) Jogonalan (9) Gantiwarno (10) Prambanan (11) Manisrenggo (12) Kemalang (13) Karangnongko (14) Jatinom (15) Karanganom (16) Polanharjo (17) Tulung (18) Delanggu (19) Ceper (20) Juwiring (21) Wonosari (22) Pedan (23) Trucuk (24) Karangdowo (25) Cawas (26) Bayat. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan penulis terwujud sebagai berikut : Membuat daftar rekap kecamatan se-kabupaten klaten, Berkas yang sudah masuk dicek kelengkapannya, Berkas diurutkan dan diberi nomor sesuai urutan pada rekap data, Menyeleksi data, menghitung jumlah data yang linear dan tidak linear, dan merekap jumlah data. Hasil yang diperoeh dari program PLT ini adalah berupa rekapan data jumlah Guru Tidak Tetap (GTT) yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat di rekap per kecamatan. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program ini adalah terdapat beberapa data yang tidak lengkap sehingga membutuhkan waktu untuk melengkapi data tersebut.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PLT, GTT, dana BOS, Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 22 Feb 2018 03:20 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |