LAPORAN PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN

Muhammad Nur Huda, Muhammad Nur Huda (2017) LAPORAN PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Nur Huda.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Program PLT diharapkan dapat mendarmabaktikan ilmu akademis mahasiswa di lapangan, selain itu mahasiswa juga dapat belajar dari praktik-praktik di lapangan secara langsung. Sebelum pelaksanaan PLT, penulis berserta teman-teman Tim Kelompok PLT UNY 2017 melakukan observasi terlebih dahulu, dimana pada saat melaksanakan observasi ditemukan beberapa masalah. Berdasarkan hasil observasi maka penulis menentukan program yang berjudul “Rekapitulasi Data Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Penerima Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Kabupaten Klaten”. Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten di bidang Pendidikan Non Formal (PNF) pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Tujuan dari program Rekapitulasi Data Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Penerima Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Kabupaten Klaten adalah untuk merekap data ABK tiap kecamatan lalu setelah semua data terkumpul, data ini nantinya akan dijadikan acuan bagi penerima Bantuan Operasional Pendidikan ABK tahun depan kalau tidak ada perubahan peraturan. Selama pelaksanaan program kerja kegiatan ini, penulis dibimbing dan dibantu oleh staf Bidang PAUD dan PNF sehingga dapat terselesaikannya program kerja yang dilaksanakan oleh penulis. Peserta Didik ABK PAUD yang direkap meliputi 26 kecamatan di Kabupaten Klaten. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan penulis terwujud sebagai berikut: Pemantapan program dan koordinasi, Pengumpulan data ABK penerima BOP tiap Kecamatan, Pengecekan data yang sudah terkumpul, Rekapitulasi seluruh data ABK penerima BOP se Kab. Klaten, Melakukan pengecekan kembali terhadap data yang sudah direkap, Menilai Program. Hasil yang diperoleh dari program PLT ini adalah laporan tentang data Anak Berkebutuhan Khusus yang mendapat Bantuan Operasional Pendidikan PAUD di Kabupaten Klaten. Bantuan Operasional Pendidikan yang dikhususkan untuk Anak Berkebutuhan Khusus ini jumlahnya lebih besar jika dibanding dengan Bantuan Operasional Pendidikan yang reguler.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Rekapitulasi Data ABK Penerima BOP PAUD , Bidang PAUD dan PNF, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Feb 2018 03:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55735

Actions (login required)

View Item View Item