LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN “VALIDASI DATA KEPEGAWAIAN TK dan SD KABUPATEN KLATEN TAHUN 2017”

Mei Nur Anggraini, Mei Nur Anggraini (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN “VALIDASI DATA KEPEGAWAIAN TK dan SD KABUPATEN KLATEN TAHUN 2017”. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Mei Nur Anggraini.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah merupakan kegiatan pengaplikasian ilmu-ilmu dan teori yang telah diperoleh mahasiswa melalui kuliah dikelas. Dari program ini mahasiswa diharapkan dapat mempraktikkan ilmu kuliah yang telah didapatkan sebelumnya sekaligus belajar mengenai dunia kerja yng sebenarnya. Sebelum program praktik lapangan terbimbing mulai dilaksanakan penulis dan rekan-rekan mahasiswa melakukan observasi dilembaga terkait, yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten. Observasi ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai lembaga dan menemukan permasalahan. Berdasarkan informasi yang didapatkan penulis dilembaga Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten khususnya di Bidang Umum dan Kepegawaian maka penulis akan melaksanakan program yang berkaitan dengan data kepegawaian yaitu “Validasi Data Kepegawaian TK dan SD Kabupaten Klaten Tahun 2017”. Program tersebut akan dilaksanakan sesuai dengan rentang waktu praktik lapangan dilaksanakan yaitu mulai pada 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Tujuan dari pelaksanaan program validasi tersebut adalah untuk mengupgrade informasi yang ada dalam data kepegawaian yang sebelumnya telah ada agar sesuai dengan pembaharuan terkini. Selama pelaksanaan program penulis mendapat bimbingan dan arahan dari staf yang ada di bidang umum dan kepegawaian agar dalam pelaksanaan penulis dapat menyelesaikan dengan baik. Dalam kegiatan program validasi ini yang menjadi sasaran adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) sejumlah 26 dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)yang ada di Kabupaten Klaten. Program validasi data kepegawaian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu mulai dari pemantapan program dan koordinasi, konsultasi dengan pihak dinas, persiapan formulir dan pemberkasan, sosialisasi, pengumpulan berkas dan pengecekkan kelengkapan, input data di database dengan microsoft excel, pengklasifikasian dan pengolahan data, pengecekkan kembali data yang dientry dan terakhir adalah akumulasi data. Hasil akhir dari program validasi data kepegawaian ini adalah tersedianya data kepegawaian tingkat Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar sekabupaten Klaten yang valid dan sistematis. Dengan adanya program validasi kepegawaian ini maka akan didapatkan rekapan data kepegawaian tingkat TK dan SD sekabupaten Klaten yang mutakhir dan tersistematis

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Validasi, Data Kepegawaian, TK dan SD, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Feb 2018 03:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55733

Actions (login required)

View Item View Item