LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN “PENGELOLAAN DATABASE GURU MELALUI MICROSOFT ACCESS DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN”

Masyithoh Dewanita, Masyithoh Dewanita (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN “PENGELOLAAN DATABASE GURU MELALUI MICROSOFT ACCESS DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN”. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Masyitoh Dewanita.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Program PLT diharapkan dapat mendarmabaktikan ilmu akademis mahasiswa di lapangan, selain itu mahasiswa juga dapat belajar dari praktik-praktik di lapangan secara langsung. Sebelum pelaksanaan PLT, penulis beserta teman-teman Tim Kelompok PLT UNY 2017 melakukan observasi terlebih dahulu, dimana pada saat melaksanakan observasi ditemukan beberapa masalah. Berdasarkan hasil observasi maka penulis menentukan program yang berjudul “Pengelolaan Database Guru Melalui Microsoft Access Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten”. Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten di bidang Ketenagaan pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Tujuan dari program Pengelolaan Database Guru Melalui Microsoft Access Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten adalah untuk membantu pegawai di bidang ketenagaan dalam mengelola data guru secara cepat dan tepat dalam proses kenaikan jabatan, penerimaan sertifikasi, penerimaan tambahan penghasilan, dan status kepegawaian melalui data yang dimiliki oleh bidang ketenagaan. Selama pelaksanaan program kerja kegiatan ini, penulis dibimbing dan dibantu oleh staf seksi pengelola data guru dan pegawai sekolah kabupaten klaten sehingga dapat terselesaiaknnya program kerja yang dilaksanakan oleh penulis. Data guru yang menjadi sasaran pelaksanaan program ini adalah data pribadi guru SD PNS se-Kabupaten Klaten, guru SD non-PNS se-Kabupaten Klaten, guru TK PNS se-Kabupaten Klaten, guru TK non-PNS se-Kabupaten Klaten, Pengawas sekolah, Penilik sekolah, Penjaga sekolah PNS dan non-PNS, petugas Laboraturium, petugas perpustakaan, tenaga admin UPTD PNS dan non-PNS. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan penulis terwujud sebagai berikut: Mendiskusikan dan memantapkan program dengan staf bidang ketenagaan, Menyusun dan menyiapkan formulir data pribadi pada database access, mengontrol data dari dapodik ke microsoft exel, input data ke dalam microsoft access, pelatihan penggunaan databse kepada staff/pegawai bidang ketenagaan. Hasil yang diperoleh dari program PLT ini adalah berupa aplikasi database pengolah data guru dan pegawai sekolah. Program kerja dapat terlaksana dan memenuhi jam minimal, meskipun dalam pelaksanaannya terdapat kerja tambahan membantu staff di bidang ketenagaan Kabupaten Klaten yaitu berupa pengelolaan data tambahan penghasilan guru triwulan III dan IV yang dalam pelaksanaannya lancar dan dapat diselesaikan dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Database, Microsoft Access, Bidang Ketenagaan, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Feb 2018 03:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55732

Actions (login required)

View Item View Item