LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN “REKAPITULASI DAN PENGARSIPAN PROPOSAL IZIN PENDIRIAN DAN PERPANJANGAN PAUD DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN”

Evita Fajar Dwi Mustika Sari, Evita Fajar Dwi Mustika Sari (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN “REKAPITULASI DAN PENGARSIPAN PROPOSAL IZIN PENDIRIAN DAN PERPANJANGAN PAUD DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN”. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Evita Fajar DMS.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, baik dalam hal memperluas wawasan hingga pengembangan kompetensi dan keterampilan dalam bidangnya. Penulis dan Kelompok PLT UNY 2017 sebelumnya telah melakukan observasi untuk menemukan permasalahan yang dapat diangkat menjadi program kerja. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, penulis menentukan untuk membuat program “Rekapitulasi dan Pengarsipan Proposal Izin Pendirian dan Perpanjangan Lembaga PAUD dan PNF”. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten ini dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017. Tujuan dilaksanakannya Program Kerja program “Rekapitulasi dan Pengarsipan Proposal Izin Pendirian dan Perpanjangan PAUD” di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, yaitu untuk memudahkan pekerjaan pegawai dinas dalam pencarian kembali dokumen yang dibutuhkan, sekaligus membantu pegawai dalam mengarsipkan dokumen-dokumen yang masuk untuk izin pendirian dan perpanjangan lembaga PAUD, dan membantu pegawai mengetahui besaran jumlah lembaga yang mendaftarkan diri untuk perpanjangan atau untuk mendapatkan izin operasional pada tahun 2017 ini. Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk terlaksananya program yaitu koordinasi dan konsultasi dengan dinas, Mengumpulkan dokumen, Pencatatan dokumen kedalam buk besar, sosialisasi dan pelatihan kepada pegawai, mengecek kelengkapan data dan menilai program. Hasil yang diperoleh dari program PLT ini adalah rekapan data jumlah proposal yang masuk di Bidang PAUD lembaga dan PNF untuk izin pendirian dan perpanjangan lembaga, adanya buku agenda untuk mencatat proposal-proposal yang masuk, dan dokumen-dokumen ditata berdasarkan klasifikasi kronologios yaitu berdasarkan waktu berkas/dokumen di terima. Kendala yang dihadapi yaitu kesulitas menulis waktu dokumen yang diterima, dan dalam melakukan penataan dikarenakan ruang bidang PAUD dan PNF tidak terlalu luas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, PNF, Proposal Izin Pendirian dan Perpanjangan, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Feb 2018 02:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55729

Actions (login required)

View Item View Item