Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama di Lombok.

Nurwijayanti, Karina (2018) Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama di Lombok. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-karina-nurwijayanti-15709251028.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika pada SMP di Lombok ditinjau dari: (1) perencanaan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran; (3) penilaian hasil belajar; (4) pengetahuan guru; (5) sikap guru; (6) pelatihan dan pendampingan Kurikulum 2013; (7) sarana dan prasarana penunjang implementasi Kurikulum 2013; dan (8) kendala implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model evaluasi kesenjangan/discrepancy yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu telaah standar, tahap deskripsi penampakan di lapangan, dan tahap komparasi penampakan dengan standar yang ditetapkan. Penelitian dilaksanakan di 45 SMP yang terdiri dari 28 SMP Non Pilot Project dan 17 SMP Pilot Project pada semester dua tahun pelajaran 2016/2017 di Lombok. Pengumpulan data dilaksanakan melalui pengisian angket, observasi, checklist dolumen dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran matematika pada SMP Non Pilot Project dan SMP Pilot Project berada pada kategori cukup, sehingga perencanaan pembelajaran matematika pada SMP di Lombok belum optimal; (2) pelaksanaan pembelajaran matematika pada SMP Non Pilot Project dan SMP Pilot Project berada pada kategori cukup, sehingga pelaksanaan pembelajaran matematika pada SMP di Lombok belum optimal; (3) penilaian hasil belajar matematika pada SMP Non Pilot Project dan SMP Pilot Project berada pada kategori cukup, sehingga penilaian hasil belajar matematika pada SMP di Lombok belum optimal; (4) pengetahuan guru tentang Kurikulum 2013 pada SMP Non Pilot Project dan SMP Pilot Project berada pada kategori cukup; (5) sikap guru terhadap implementasi Kurikulum 2013 pada SMP Non Pilot Project dan SMP Pilot Project berada pada kategori cukup; (6) pelatihan dan pendampingan Kurikulum 2013 pada SMP Non Pilot Project berada pada kategori baik sedangkan pelatihan dan pendampingan Kurikulum 2013 pada SMP Pilot Project berada pada kategori sangat baik (7) sarana dan prasarana pendukung implementasi Kurikulum 2013 pada SMP Non Pilot Project dan SMP Pilot Project berada pada kategori cukup; (8) kendala implementasi Kurikulum 2013 yaitu kedalaman materi pelatihan dan pendampingan kurang, kesulitan menyusun RPP yang relevan, kesulitan menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pendekatan pembelajaran, kesulitan melakukan observasi sikap siswa, kesulitan menyusun deskripsi ketuntasan KD pada penilaian pengetahuan dan keterampilan serta ketersediaan sarana dan prasarana TIK kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi, matematika, Kurikulum 2013
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Feb 2018 02:53
Last Modified: 09 May 2019 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55728

Actions (login required)

View Item View Item