HARAPAN PEMBELAJARAN METODE ILMIAH ASPEK KEHIDUPAN BESERTA PENILAIANNYA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI KABUPATEN GUNUNGKIDUL BERDASARKAN PEMANFAATAN JENIS SUMBER INFORMASI OLEH GURU

Robbiansah, Dhanang (2017) HARAPAN PEMBELAJARAN METODE ILMIAH ASPEK KEHIDUPAN BESERTA PENILAIANNYA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI KABUPATEN GUNUNGKIDUL BERDASARKAN PEMANFAATAN JENIS SUMBER INFORMASI OLEH GURU. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri Kabupaten Gunungkidul berdasarkan pemanfaatan jenis sumber informasi oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini diambil dari guru IPA di Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Pengambilan sampel dilakukan secara sensus sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu 30 guru IPA yang berasal dari 14 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berada di Kabupaten Gunungkidul sebagai subyek sasaran/ responden. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah harapan pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya pada pembelajaran IPA di SMP Negeri Kabupeten Gunungkidul. Harapan pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya pada pembelajaran IPA di SMP Negeri Kabupeten Gunungkidul dalam penelitian ini dikaitkan dengan salah satu variabel yaitu pemanfaatan jenis sumber informasi. Teknik analisis data dilakukan secara statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan harapan antara guru kelas VII, VIII, dan IX dalam pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri Kabupaten Gunungkidul. Ditinjau dari jenis sumber informasi yang dimanfaatkan oleh guru, antara guru yang memanfaatkan jenis sumber informasi ≥3 dan guru yang memanfaatkan jenis sumber informasi <3 juga memiliki harapan yang berbeda dalam pembelajaran metode ilmiah aspek ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri Kabupaten Gunungkidul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: harapan, pembelajaran metode ilmiah, pemanfaatan jenis sumber informasi oleh guru
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 06 Mar 2018 01:08
Last Modified: 30 Jan 2019 15:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55727

Actions (login required)

View Item View Item