LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Sri Rosalina Hartinah, Sri Rosalina Hartinah (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PLT SRI ROSALINA NIM 14416244010.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta memiliki kewajiban untuk menempuh mata kuliah wajib yang sesuai dengan kurikulum yang dicanangkan. Ada beberapa mata kuliah wajib yang harus ditempuh, salah satunya adalah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Praktik Lapangan Terbimbing merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti untuk memperoleh gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Lapangan Terbimbing diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan tenaga kependidikan professional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang siap dalam memasuki dunia pendidikan. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester khusus tahun 2017 ini adalah di SMP Negeri 2 Cangkringan yang bertempat di Dusun Kepuharjo, Desa Pagerjurang, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta. Program PLT ini dilaksanakan pada tanggal 19 September s.d. 19 November 2017. Mata pelajaran yang diampu adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII. Dalam program PLT ini penyusun mengampu dua kelas VII yang berada di SMP Negeri 2 Cangkringan yaitu terdiri dari kelas VII A dan kelas VII B. Setiap minggunya masing-masing kelas bertemu dengan pelajaran IPS sebanyak dua kali, sedangkan setiap satu jam pertemuan menghabiskan 40 menit. Oleh karena itu, penyusun dapat mengajar selama 6 jam setiap minggunya. Selain kegiatan mengajar, terdapat beberapa program kerja seperti mengikuti upacara hari senin, upacara hari khusus, pendampingan ekstrakurikuler tari dan lain sebagainya. Selama dua bulan pelaksanaan Praktik lapangan Terbimbing (PLT) memberikan mahasiswa pengalaman dalam mengajar. Hal ini bermanfaat bagi mahasiswa untuk kemudian dapat menjadi guru yang profesional. Selain itu, pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dapat memberikan gambaran yang tepat tentang sejauh mana kemampuan dan ketrampilan mahasiswa dalam melaksanakan proses mengajar sehingga dapat mengembangkan ketrampilan dan kemampuannya menjadi lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan (PLT), SMP Negeri 2 Cangkringan,dan Siswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Feb 2018 00:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55724

Actions (login required)

View Item View Item