PENGARUH CIRCUIT BODYWEIGHT TRAINING TERHADAP DAYA TAHAN JANTUNG-PARU, PRESENTASE LEMAK, DAN PENURUNAN BERAT BADAN WARGA BLOK PATHUK, NGAMPILAN, YOGYAKARTA

Abdul Hakim, Ali (2018) PENGARUH CIRCUIT BODYWEIGHT TRAINING TERHADAP DAYA TAHAN JANTUNG-PARU, PRESENTASE LEMAK, DAN PENURUNAN BERAT BADAN WARGA BLOK PATHUK, NGAMPILAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI_Ali Abdul Hakim_13603141017.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Setiap orang berkeinginan untuk memiliki fisik yang sehat dan bugar, tetapi sehat dan bugar tidak didapat kecuali dengan pola hidup sehat dan aktivitas gerak yang cukup. Sebagian besar warga Blok Pathuk Ngampilan Yogyakarta memiliki tingkat kebugaran yang kurang baik dan lemak berlebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh circuit bodyweight training terhadap daya tahan jantung-paru, presentase lemak dan berat badan warga Blok Pathuk Ngampilan Yogyakarta. Penelitaan ini merupakan pre-experimental design dengan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah warga Blok Pathuk Ngampilan Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak enam orang. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan yaitu tes rockport, timbangan, omron body fat monitor. Analisis data penelitian menggunakan uji-t untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan variabel antara pretest dan posttest pada eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan uji-t data daya tahan jantung-paru diperoleh nilai Sig 0,771 > 0,05, maka tidak ada peningkatan yang signifikan. Hasil uji-t data presentase lemak diperoleh nilai sig 0,036 < 0,05, maka terdapat penurunan lemak yang signifikan. Hasil uji-t data berat badan diperoleh nilai sig 0,024 < 0,05, maka ada penurunan berat badan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: circuit bodyweight training, presentase lemak, dan berat badan.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Feb 2018 06:26
Last Modified: 30 Jan 2019 15:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55710

Actions (login required)

View Item View Item