PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAP MELALUI MINDJET MINDMANAGER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI POKOK MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN

Siwi, Melati Sukma and Wiyatmo, Yusman (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAP MELALUI MINDJET MINDMANAGER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI POKOK MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran mind map melalui Mindjet MindManager untuk materi momentum, impuls, dan tumbukan yang layak untuk meningkatkan hasil belajar fisika, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar fisika setelah menggunakan media mind map melalui Mindjet MindManager, (3) mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran mind map melalui Mindjet MindManager untuk materi momentum, impuls, dan tumbukan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 4D Models. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester II SMA N 11 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Subjek uji coba operasional dalam penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas X IPA 2, sementara uji coba terbatas yaitu 32 peserta didik kelas X IPA 4. Pada tahap Define, merencanakan mind map melalui Mindjet MindManager sebagai media pembelajaran di SMA untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tahap Design, merancang produk mind map mind map melalui Mindjet MindManager. Tahap Developh, validasi produk oleh validator ahli dan praktisi. Teknik analisis data untuk kelayakan media, RPP, dan analisis angket respon peserta didik menggunakan analisis SBI. Validitas isi soal pretest dan postest serta validitas angket respon peserta didik diuji menggunakan analisis CVR dan CVI. Tahap Desiminate, penyebarluasan produk mind map melalui Mindjet MindManager hasil pengembangan. Data penelitian dijaring melalui pretest dan posttest serta saran perbaikan produk mind map melalui Mindjet MindManager dari validator. Kesimpulan penelitian ini: (1) telah dihasilkan produk media pembelajaran mind map melalui Mindjet MindManager “Momentum, Impuls, dan Tumbukan” yang layak untuk pembelajaran Momentum, Impuls, dan Tumbukan berdasarkan penilaian ahli dengan kategori sangat baik, (2) media pembelajaran mind map melalui Mindjet MindManager “Momentum, Impuls, dan Tumbukan” dapat meningkatkan prestasi hasil belajar peserta didik dengan standar gain sebesar 0,58 dalam kategori sedang, dan (3) respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran mind map melalui Mindjet MindManager “momentum, impuls, dan tumbukan” diperoleh skor 3,12 termasuk dalam kategori tinggi bahwa penggunaan media dapat membantu meningkatkan hasil belajar fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: mind map, Mindjet MindManager, dan hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Mar 2018 01:03
Last Modified: 30 Jan 2019 15:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55703

Actions (login required)

View Item View Item