PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS HARAPAN SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN SLEMAN

Rahayu, Dewi Triani (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS HARAPAN SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Dewi Triani R.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak melalui metode bermain peran di Kelompok Bermain Tunas Harapan Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 3 siklus. Masing-masing siklus dalam tindakan dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok A3 di Kelompok Bermain Tunas Harapan berjumlah 11 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei tahun pelajaran 2011-2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak meningkat melalui metode bermain peran. Hasil rata-rata pencapaian jumlah anak yang memiliki keterampilan sosial sebelum menggunakan metode bermain peran masih pada kriteria tidak baik yaitu 26,67 %. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I sampai dengan siklus III terjadi peningkatan menjadi 81,11%. Metode bermain peran pada siklus I dan siklus II telah berhasil meningkatkan partisipasi anak dalam kegiatan pembelajaran dan juga meningkatkan keterampilan sosial anak, tetapi belum mencapai indikator keberhasilan, namun pada siklus III pencapaian jumlah anak yang memiliki keterampilan sosial sudah pada kriteria baik yaitu mencapai lebih dari 76 % dari jumlah 12 anak. Peningkatan ini diperoleh melalui metode bermain peran dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: (1) menyiapkan media atau peralatan main yang akan digunakan; (2) menjelaskan peran yang akan dimainkan; (3) memberi contoh atau gambaran peran yang akan dimainkan; (4) memberi kebebasan kepada anak untuk memilih peran yang ingin dimainkan; (5) memberikan umpan balik terhadap perfomansi anak. Kata kunci: keterampilan sosial, metode bermain peran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Sep 2012 15:37
Last Modified: 29 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5570

Actions (login required)

View Item View Item