Aisiyah, Rahmawati (2017) PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN PENYUSUN VEGETASI PESISIR WOHKUDU UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA X SMA. S1 thesis, Fakultas MIPA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf Download (14MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan modul pengayaan materi keanekaragaman hayati yang layak digunakan untuk siswa kelas X SMA berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru biologi, dan tanggapan siswa; dan 2) mengetahui keefektifan penggunaan modul pengayaan materi keanekaragaman hayati dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa Kelas X SMA. Penelitian ini merupakan research and devolpment (R&D) yang mengacu pada model ADDIE yang dibatasi menjadi ADD (Analysis, Design, Development). Subjek penelitian terdiri atas tiga orang ahli materi, tiga orang ahli media, dua guru biologi dan 24 siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan. Objek penelitian ini adalah modul pengayaan materi keanekaragaman hayati. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian kelayakan modul pengayaan, angket kemandirian, lembar observasi kemandirian, dan soal tes kognitif. Hasil penilaian kelayakan modul dianalisis dengan statistik deskriptif. Peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa dianalisis dengan normalized gain score. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) modul pengayaan materi keanekaragaman hayati layak digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru biologi, dan tanggapan siswa. 2) modul pengayaan materi keanekaragaman hayati efektif meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X SMA. Peningkatan kemandirian belajar siswa dikategorikan sedang dengan nilai gain score 0,49. Peningkatan hasil belajar siswa dikategorikan sedang dengan nilai gain score 0,50.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, keanekaragaman hayati, kemandirian belajar, modul pengayaan |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Biologi FMIPA |
Date Deposited: | 26 Feb 2018 03:09 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |