LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Ayu Puji Lestari, Ayu Puji Lestari (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
9. Ayu Puji Lestari_14804241033_Pendidikan Ekonomi.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah mata kuliah yang memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam mempraktekkan teori-teori yang telah mereka pelajari dalam perkuliahan. Dengan adanya kegiatan PLT mahasiswa dapat mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan, dan kemudian menerapkan setiap disiplin ilmu yang telah mereka pelajari sebelumnya. merupakan sarana praktik bagi mahasiswa di lapangan dalam upaya pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional dengan memberikan pengalaman kepada calon pendidik mengenai pengimplementasian ilmu yang telah dikuasai dalam Pratik keguruan yang sesungguhnya di lapangan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) diharapkan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa sekaligus menjadi motivasi untuk terus mengaktualisasi diri dan mengabdi di dunia pendidikan agar mampu mewujudkan dunia pendidikan yang berkualitas di masa depan. Kegiatan PLT yang dilaksanakan mulai 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017, mahasiswa praktikan memperoleh tugas melaksanakan praktik mengajar di dalam kelas yang diampu oleh guru pembimbing dengan mengembangkan proses pembelajaran yang sesuai dengan apa yang telah dipelajari dibangku kuliah dengan penuh tanggung jawab Kegiatan PLT (Praktek Lapangan Terbimbing) merupakan serangkaian kegiatan yang terdiri dari observasi kelas, serta proses pengidentifikasian lingkungan belajar dan karakteristik peserta didik, koordinasi dengan pihak terkait antara lain, koordinator PLT SMA Negeri 1 Ngemplak dan guru pembimbing, penyusunan silabus dan RPP, serta pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan non-mengajar selama kurang lebih 8 minggu di kelas X IPS 2 dimana mata pelajaran ekonomi, bertemu dua kali dalam seminggu yaitu 3 jam per-minggu dengan metode pembelajaran yaitu Jigsaw, Discovery Learning, Round Club.yang digunakan untuk mengajar dikelas. Selama mengajar Kurang lebih 8 minggu menggunakan 13 RPP dimana 1 pertemuan menggunakan 1 RPP. Hasil dari pelaksanaan PLT selama kurang lebih dua bulan di SMA Negeri 1 Ngemplak ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di dalam bidang Pendidikan Ekonomi yang diperoleh di bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PLT yaitu media pembelajaran yang masih terbatas. Penyususn menghimbau supaya hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan LPPMP UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), program, mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Feb 2018 06:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55691

Actions (login required)

View Item View Item