LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Siti Aisyah, Siti Aisyah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
7. Siti Aisyah_14304244001_Pendidikan Biologi.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMA Negeri 1 Ngemplak yang terletak di Kabupaten Sleman, Provinsi DIY. Praktik Lapangan Terbimbing ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PLT dilaksanakan di kelas X MIA 1, X MIA 2, X IPS 2, dan XI MIA 2. Hasil dari pelaksanaan PLT selama kurang lebih dua bulan di SMA Negeri 1 Ngemplak ini diantaranya ialah mahasiswa kependidikan mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di dalam bidang Pendidikan Biologi yang diperoleh selama perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PLT. Penyususn menghimbau supaya hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan LPPMP UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktek Lapangan Terbimbing, SMA Negeri 1 Ngemplak, Biologi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Feb 2018 06:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55687

Actions (login required)

View Item View Item