LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Isna Nur Said, Isna Nur Said (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14405244006_PEND.GEOGRAFI_LAPORAN PLT SMAN 1 TURI_ ISNA NUR SAID.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan kuliah praktik yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar mahasiswa prodi kependidikan. Tujuan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa keterampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengmbangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tujuan yang lain adalah mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan-permasalahan sekolah terkait pengelolaan proses pembelajaran maupun kegiatan nonmengajar, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, serta memberikan bekal mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai pendidik atau tenaga kependidikan yang profesional, memiliki pengetahuan, nilai, sikap, serta keterampilan yang diperlukan dalam profesinya. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) secara umum meliputi tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi meliputi kegiatan pembekalan PLT yang dilaksanakan di kampus UNY dan observasi yang bertujuan untuk membekali mahasiswadalam melaksanakan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di sekolah agar pelaksanaannya terarah. Adapun fokus Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah mengajar terbimbing dan mengajar mandiri. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) UNY tahun 2017 di SMA Negeri 1 Turi dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Praktik mengajar dilaksanakan di kelas X IPS 1, X IPS 2, XII IPS 2 pada mata pelajaran Geografi. Adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas memberikan kelancaran terlaksananya program tersebut. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini akhirnya dilaksanakan secara terpadu yang saling mendukung satu sama lain untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Feb 2018 02:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55677

Actions (login required)

View Item View Item