LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Senja Fitriana, Senja Fitriana (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14304241023_PEND.BIOLOGI_LAPORAN PLT SMAN 1 TURI_SENJA FITRIANA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) salah satu Universitas menghasilkan tenaga kependidikan, proses perjalanan meraih gelar Strata Satu (S1), mahasiswa kependidikan menempuh beberapa mata kuliah wajibsesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan salah satunya Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Merupakan salah satu bentuk pengalaman mahasiswa kepada peserta didik yang dilakukan secara interdisipliner, lintas sektoral dan komprehensif. PLT sebagai usaha untuk meningkaatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran serta mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. PLT diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan memecahkan masalah. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) semester ganjil tahun 2017 telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Turi selama 2 bulan sejak tanggal 15 September 2017 hingga 15 November 2017. Dalam Praktik Lapangan Terbimbing(PLT) ini mahasiswa terjun langsung ke sekolah dan berbaur dengan warga sekolah. Setelah menjalani proses adaptasi, mahasiswa diharapkan dapat menjalankan tugas pokok, peran dan fungsinya selama PLT dengan baik. Program utama penulis adalah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) mata pelajaran Pendidikan Biologi di kelas. Sedangkan program lain yang dilakukan antara lain mempelajari administrasi guru, inventarisasi alat laboratorium biologi, pendataan tanaman di sekolah, kegiatan-kegiatan sekolah serta piket. Kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga proses pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan proses pembelajaran berlansung setelah konsultasi dengan guru pembimbing mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) . Pelaksanaan praktik mengajar dilaksanakan di kelas XII IPA 1 dan X IPA 1. Keberhasilan program-program PLT dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan antara sekolah dan mahasiswa. Dampak positif bagi mahasiswa adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru yang sedangkan untuk sekolah adalah memperoleh kesempatan untuk dapat andil dalam menyiapkan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, UNY, SMA Negeri 1 Turi, Program PLT, pengamalam belajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Feb 2018 02:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55673

Actions (login required)

View Item View Item