HUBUNGAN ANTARA POSTUR TUBUH DENGAN TINGKAT KEMAMPUAN LANGKAH KAKI (FOOTWORK) PADA ATLET BULUTANGKIS PUTRA DAN PUTRI PB. EXIST YOGYAKARTA DAN PB. MANUNGGAL BANTUL

Fauzi, M. Nashir (2018) HUBUNGAN ANTARA POSTUR TUBUH DENGAN TINGKAT KEMAMPUAN LANGKAH KAKI (FOOTWORK) PADA ATLET BULUTANGKIS PUTRA DAN PUTRI PB. EXIST YOGYAKARTA DAN PB. MANUNGGAL BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara postur tubuh dengan tingkat kemampuan langkah kaki (footwork) pada atlet bulutangkis putra dan putri di PB. Exist Yogyakarta dan PB. Manunggal Bantul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional, metode penelitian ini adalah survey. Instrumen yang digunakan untuk mengukur postur tubuh menggunakan tinggi badan, berat badan, umur dan panjang tungkai. Instrumen untuk mengukur kemampuan langkah kaki dengan tes olah kaki (footwork) Subjek penelitian ini adalah atlet bulutangkis putra dan putri PB. Exist Yogyakarta dan PB. Manunggal Bantul sebanyak 46 atlet (26 atlet putra dan 20 atlet putri). Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis uji F pada taraf signifikan 5 %. Hasil uji hipotesis atlet putra menunjukan harga rhitung = 0,798 > rtabel(0,05)(25) = 0,317, atlet putri menunjukan harga rhitung = 0,835 > rtabel(0,05)(19) = 0,369. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diartikan koefisien bernilai positif dan signifikan. Dengan demikian hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan yang positif dan signnifikan antara postur tubuh dengan tingkat kemampuan langkah kaki (footwork) pada atlet bulutangkis putra dan putri PB. Exist Yogyakarta dan PB. Manunggal Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 13602241057
Uncontrolled Keywords: Postur Tubuh, Kemampuan Langkah Kaki, Olahraga Bulutangkis
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Feb 2018 00:56
Last Modified: 30 Jan 2019 15:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55667

Actions (login required)

View Item View Item