PENYELESAIAN MODEL NONLINEAR MENGGUNAKAN METODE QUADRATIC PROGRAMMING DENGAN ALGORITMA GENETIKA DALAM PENENTUAN PRODUKSI OPTIMUM PADA SALIS KONVEKSI

Najah, Rofiqotun and Eminugroho Ratna, Sari, M.Sc (2018) PENYELESAIAN MODEL NONLINEAR MENGGUNAKAN METODE QUADRATIC PROGRAMMING DENGAN ALGORITMA GENETIKA DALAM PENENTUAN PRODUKSI OPTIMUM PADA SALIS KONVEKSI. S1 thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Optimasi banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh penerapan optimasi di bidang industri adalah untuk meminimumkan biaya produksi. Salis Konveksi merupakan salah satu konveksi yang bekerja sama dengan beberapa toko berbasis online untuk memproduksi pakaian. Tujuan dari penelitian ini adalah membentuk model matematika untuk pengoptimalan biaya produksi Salis Konveksi, penyelesaian model menggunakan metode quadratic programming dengan algoritma genetika. Langkah penyelesaiannya adalah pembentukan model nonlinear, menentukan kondisi Khun Tucker, mengidentifikasi complementary slackness, menambahkan variabel buatan, dan membentuk fungsi tujuan linear. Model linear yang diperoleh kemudian diselesaikan dengan algoritma genetika. Adapun langkah penyelesaian menggunakan algoritma genetika adalah membangkitkan populasi awal, seleksi, crossover, mutasi, dan evaluasi. Terdapat 4 variabel keputusan yang dibahas, yaitu produksi atasan dewasa, rok dewasa, dress anak, dan atasan anak. Fungsi tujuan yang terbentuk adalah meminimalkan biaya produksi dengan kendala sedemikian sehingga semua permintaan dapat terpenuhi. Berdasarkan perhitungan didapatkan hasil yaitu total minimal biaya produksi Rp. 3.026.706,87 dengan produksi atasan dewasa sebanyak 102 pcs, rok dewasa sebanyak 98 pcs, dress anak sebanyak 180 pcs, dan atasan anak sebanyak 40 pcs.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Optimasi, Pemrograman Nonlinear, Quadratic Programming, Algoritma Genetika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 26 Feb 2018 02:15
Last Modified: 30 Jan 2019 15:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55649

Actions (login required)

View Item View Item