LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Fajar Indra Prasetyo, Fajar Indra Prasetyo LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fajar Indra Prasetyo_Laporan PLT_SMA N 1 Pakem.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Dalam menunaikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, sudah menjadi hal wajib bagi mahasiswa untuk melaksanakan salah satu poin berupa pendidikan. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang dilakukan dengan mengkolaborasikan antara teori dan praktik. Dalam dunia pendidikan selain teori pembelajaran di kelas, mahasiswa juga dituntut untuk dapat mempraktikan secara langsung pembelajaran di lapangan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta yang memiliki bobot 3 sks. Dalam kesempatan kali ini, penulis melaksanakan praktik lapangan terbimbing di SMA Negeri 1 Pakem. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi sekolah, observasi kelas hingga pelaksanaan PLT, yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PLT di kelas X MIPA 1 dan 2. Selama proses PLT, mahasiswa didampingi oleh satu guru pembimbing yang berperan untuk selalu melakukan pengawasan dan memberikan pembelajaran bagi mahasiswa dalam mengajar. Sebelum malakukan proses pembelaran mahasiswa didampingi oleh guru pendamping merancang RPP. Setelah pelaksanaan RPP selesai, guru pembimbing mengevaluasi pelaksanaan RPP di kelas dan memberikan masukanmasukan untuk pelaksanaan RPP selanjutnya. Hasil dari pelaksanaan PLT selama kurang lebih dua bulan di SMA Negeri 1 Pakem ini dapat memperoleh hasil yaitu berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik mengajar di bidang Pendidikan Ekonomi yang didapatkan selama di bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PLT ini salah satunya program mengajar di kelas memiliki tantangan yang beragam dengan penyesuaian sikap karakter peserta didik yang berbeda-beda, selain itu juga bagaimana cara pengajar dapat menghidupkan suasana kelas agar peserta didik termotivasi untuk belajar. Disamping hambatan yang ada penyusun berharap supaya hubungan kerjasama antara pihak sekolah dengan UNY tetap terjaga dengan baik. Secara keseluruhan, proses PLT mahasiswa di SMA Negeri 1 Pakem berjalan dengan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA Negeri 1 Pakem, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Feb 2018 00:50
Last Modified: 01 Oct 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55637

Actions (login required)

View Item View Item