Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berdasarkan Cognitive Theory of Multimedia Learning Untuk Mata Pelajaran Matematika SMK Kelas X.

Wardhana, Irhady Kusuma (2018) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berdasarkan Cognitive Theory of Multimedia Learning Untuk Mata Pelajaran Matematika SMK Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-irhady-kusuma-wadhana-15720251008.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berdasarkan cognitive theory of multimedia learning untuk mata pelajaran matematika SMK kelas X; dan (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif berdasarkan cognitive theory of multimedia learning yang dikembangkan untuk mata pelajaran matematika SMK kelas X. Penelitian ini mangacu pada tahapan-tahapan pengembangan model Luther-Sutopo yang terdiri dari 6 tahap, yaitu: (1) concept, (2) design, (3) collecting material, (4) assembly, (5) testing, dan (6) distribution. Pengujian produk terdiri dari 2 tahap, yaitu: (1) uji alpha, yang melibatkan 2 ahli materi dan 2 ahli media, dan (2) uji beta, yang melibatkan 27 siswa kelas XI Multimedia dan 3 guru matematika di SMK Negeri 1 Kopang. Instrumen pengumpulan data berupa angket untuk ahli materi, ahli media, siswa, dan guru yang diadopsi dari LORI versi 1.5. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan non statistik. Hasil penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Produk multimedia pembelajaran interaktif berdasarkan cognitive theory of multimedia learning untuk mata pelajaran matematika SMK Kelas X telah dihasilkan; dan (2) Berdasarkan hasil evaluasi, rata-rata skor penilaian dari: ahli materi sebesar 4,41 (sangat baik), ahli media sebesar 4,67 (sangat baik), siswa sebesar 4,65 (sangat baik), dan guru matematika sebesar 4,71 (sangat baik). Dengan demikian produk multimedia pembelajaran interaktif memiliki kualitas sangat baik sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, cognitive theory, Luther-Sutopo, LORI.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Feb 2018 04:00
Last Modified: 09 May 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55628

Actions (login required)

View Item View Item