LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Ika Khomsatun, Ika Khomsatun (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ika Khomsatun.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri berbasis pendidikan yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa program studi pendidikan pada salah satu mata kuliah yaitu Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasi ilmu yang telah dipelajari di bangku perkuliahan serta menjadikan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman nyata dan langsung dalam pemberian ilmu Pendidikan Bahasa Jawa Kegiatan PLT merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh Mahasiswa yaitu dalam bidang pendidikan. Praktik Lapangan (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 yang berlokasi di SMP N 1 Ngemplak, tepatnya di Jangkang, Widodomartani dimulai pada tanggal 15 September 2017 dan diakhiri pada tanggal 15 November 2017. Dalam hal ini, Praktik Pengalaman Lapangan melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Dalam kegiatan PLT ini, Mahasiswa menjalankan program mengajar sebanyak 18 kali pertemuan. Program mengajar menggunakan demonstrasi, tanya jawab, problem based learning, think –pair share (TPS), CTL. Untuk mendukung metode yang digunakan pada saat mengajar dibutuhkan media pendukung yang nantinya akan mendukung kegiatan belajar mengajar. Mahasisa telah menyeselesaikan tugas mengajar kelas VII A, VII B dan VII C untuk mata pelajaran Bahasa Jawa. Mahasiswa telah dapat mengajar sebanyak 18 kali pertemuan. Kegiatan belajar yang dilakukan adalah pembelajaran di kelas. Banyak kendala dan hambatan dalam melakukan PLT baik yang berasal dari dalam maupun dari luar. Adapun beberapa hambatan pada waktu mengajar salah satunya adalah pengelolaan kelas karena peserta didik sulit dikendalikan. Namun, semua itu merupakan sebuah proses menuju yang lebih baik. Dengan adanya kegiatan PLT ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang professional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMP Negeri 1 Ngemplak,
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Feb 2018 01:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55620

Actions (login required)

View Item View Item