ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH MERGER DAN AKUISISI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MERGER DAN PENGAKUISISI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2014)

Cahyarini, Indah (2018) ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH MERGER DAN AKUISISI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MERGER DAN PENGAKUISISI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2014). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Indah Cahyarini_15812147007_Skripsi.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah merger dan akuisisi pada perusahaan yang melakukan aktivitas merger dan akuisisi. Kinerja perusahaan diukur dengan menggunakan rasio keuangan: Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), Return On Assets (ROA), dan Operating Profit Margin (OPM). Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, dengan mengambil data dari seluruh perusahaan publik yang melakukan merger dan akuisisi di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan rentang waktu antara tahun 2012-2014, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan data yang diperoleh sebanyak 33 perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi. Uji non parametric yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Ranks Test dan Manova untuk menjawab hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada pengujian secara parsial terhadap 5 rasio keuangan, yaitu CR, DER, ROE, ROA, dan OPM menunjukkan hasil yang signifikan di beberapa tahun pengamatan, bahkan variabel ROE, ROA, dan OPM menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam perbandingan keseluruhan sebelum dan sesudah merger dan akuisisi. Hanya variabel CR dan DER yang tidak menunjukkan perbedaan di seluruh tahun pengamatan sebelum dan sesudah merger dan akuisisi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Merger dan akuisisi, kinerja keuangan, wilcoxon signed ranks test,manova
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 14 Feb 2018 08:46
Last Modified: 14 Feb 2018 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55611

Actions (login required)

View Item View Item