PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN PADA PELAKU UMKM SENTRA KERAJINAN BATIK KABUPATEN BANTUL

Humaira, Iklima (2018) PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN PADA PELAKU UMKM SENTRA KERAJINAN BATIK KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_IKLIMA HUMAIRA_13812141021.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Pengetahuan Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul, (2) pengaruh Sikap Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada Pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul, (3) pengaruh Kepribadian terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada Pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul, (4) dan pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, dan Kepribadian terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada Pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kausal asosiatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh pemilik UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul sebanyak 37 UMKM. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan terhadap 30 orang diluar subjek yang terdaftar sebagai UMKM batik Kabupaten Bantul. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data dengan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif Pengetahuan Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul dengan thitung (4,619) lebih besar daripada ttabel yaitu (2,034) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000, (2) terdapat pengaruh positif Sikap Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul dengan thitung (3,557) lebih besar daripada ttabel (2,034) dan nilai signfikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,001, (3) terdapat pengaruh positif Kepribadian terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul dengan thitung (2,732) lebih besar dari ttabel yaitu (2,034) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,010, (4) terdapat pengaruh positif Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, dan Kepribadian terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul dengan Fhitung (15,948) lebih besar daripada Ftabel (2,89) dan nilai signifikansinya lebih kecil daripada 0,05 yaitu 0,000.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Kepribadian, Perilaku Manajemen Keuangan
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 14 Feb 2018 08:22
Last Modified: 30 Jan 2019 15:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55606

Actions (login required)

View Item View Item