Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta II Tahun Pelajaran 2009/2010

Muhamad Irham, Muhamad Irham (2011) Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta II Tahun Pelajaran 2009/2010. S1 thesis, uny.

[img]
Preview
Text
ppp.pdf

Download (494kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan gaya belajar auditorial, kinestetik, dan visual dengan prestasi belajar kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang terdiri dari kelompok mata pelajaran IPA, IPS, bahasa, matematika, dan teknologi pada siswa kelas X MAN Yogyakarta II tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan subjek penelitian sebanyak 225 dan sampel 99 siswa. Teknik sampling menggunakan random sampling dengan cara undian. Pengumpulan data gaya belajar menggunakan angket dan data prestasi belajar menggunakan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan pada 70 siswa, diperoleh 55 item valid den gan reliabilitas 0,850. Teknik analisis data menggunakan ANAVA, korelasi Product Moment, dan Korelasi Spearman. Hasil uji anava menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan pada masing-masing kelompok mata pelajaran IPA, IPS, bah asa, matematika, dan teknologi dengan siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, visual, dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan prestasi belajar kelompok mata pelajaran IPA dengan N=60 pada taraf signifikansi 5% diperoleh rhitung =-0,003. (2) Tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar auditorial dengan prestasi belajar kelompok mata pelajaran IPS dengan N=23 pada taraf signifikansi 5% diperoleh rhitung = 0,090. (3) Tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar visual dengan prestasi belajar kelompok mata pelajaran IPS dengan N=16 pada taraf signifikansi 5% diperoleh rhitung = 0,283. (4) Tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar auditorial dengan prestasi belajar kelompok mata pelajaran bahasa dengan N=23 pada taraf signifikansi 5% diperoleh r hitung = 0,200. (5) Tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar visual dengan prestasi belajar kelompok mata pelajaran bahasa dengan N=16 pada taraf signifikansi 5% diperoleh rhitung = 0,377. (6) Tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan prestasi belajar kelompok mata pelajaran matematika dengan N=60 pada taraf signifikansi 5% diperoleh r hitung = 0,052. (7) Tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan prestasi belajar kelompok mata pelajaran teknologi dengan N=60 pada taraf signifikansi 5% diperoleh rhitung = -0,010. Kata Kunci: gaya belajar, prestasi belajar, siswa kelas X MAN Yogyakarta II

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:21
Last Modified: 29 Jan 2019 13:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item