LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Pangestya Wulandani, Pangestya Wulandani (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PANGESTYA WULANDANI.IPS.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Lapangan Terbimbing merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti untuk memperoleh gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Lapangan Terbimbing diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan tenaga kependidikan professional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang siap dalam memasuki dunia pendidikan. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester khusus tahun 2017 ini adalah di SMP Negeri 2 Berbah yang bertempat di Desa Tegaltirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Program PLT ini dilaksanakan pada tanggal 15 September s.d. 15 November 2017. Mata pelajaran yang diampu adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII. Dalam program PLT ini penyusun mengampu semua kelas VIII yang berada di SMP Negeri 2 Berbah yang berjumlah 4 kelas yaitu terdiri dari kelas VIII A s.d. kelas VIII D. Setiap minggunya masing-masing kelas bertemu dengan pelajaran IPS sebanyak dua kali, sedangkan setiap satu jam pertemuan menghabiskan waktu 40 menit. Oleh karena itu, penyusun dapat mengajar selama 16 jam setiap minggunya. Selain kegiatan mengajar, terdapat beberapa program kerja seperti mengikuti Upacara Bendera hari Senin dan Hari Khusus, pendampingan Ekstrakurikuler Bulutangkis, Budaya 6 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun dan Sayang), Pendampingan Pengajian Ahad Pahing, Penamaan Pohon, Pengklasifikasian Buku Perpustakaan, Pendampingan PTS, Jumat Bersih, Senam, dan Pendampingan Iqra’. Selama dua bulan pelaksanaan Praktik lapangan Terbimbing (PLT) mahasiswa mendapat pengalaman dalam mengajar. Hal ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang nantinya akan menjadi guru yang profesional. Selain itu, pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dapat memberikan gambaran yang tepat tentang sejauh mana kemampuan dan ketrampilan mahasiswa dalam melaksanakan proses mengajar sehingga dapat mengembangkan ketrampilan dan kemampuannya menjadi lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Mengajar, dan Siswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55571

Actions (login required)

View Item View Item