LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)/

Bangkit Setiana, Bangkit Setiana (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)/. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BANGKIT.PBD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing atau yang disebut PLT adalah sarana untuk mahasiswa mempraktikkan ilmu teoretis yang telah diterima di bangku perkuliahan. Pelaksaan PLT merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menguji cobakan teori-teori yang diperoleh diperkuliahan dan sekaligus mencari ilmu secara empirik maupun yang bersifat factual di lapangan. Kegiatan PLT dilaksanakan sebagai sarana mendapatkan berbagai pengalaman proses pembelajaran dan kegiatan di lingkungan sekolah. Hasil dari pembelajaran tersebut digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang siap dimasa yang akan datang. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing yang dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai pembelajaran langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP Negeri 2 Berbah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 sampai tanggal 15 November 2017. Pelaksanaan PLT ini dilakukan dengan mengajar terbimbing di dalam kelas dan kegiatan non mengajar di sekolah. Kegiatan mengajar meliputi kegiatan mengajar terbimbing dengan guru pembimbing sebanyak 32 kali pertemuan dengan RPP yang berbeda. Kegiatan pembelajaran dilakukan untuk 8 kelas yaitu dari kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VIII A, VIII B, VIIIC dan VIII D. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain diskusi kelompok, performance, eksperimen, presentasi, picture and picture maupun penugasan. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PLT, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik dalam pengajaran kurang kooperatif yaitu para murid gaduh. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam usia peralihan seperti itu, dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju individu yang mandiri atau juga bias disebut pencarian jati diri. Kegiatan non mengajar meliputi pendampingan kegiatan di sekolah misalnya pendampingan ekstrakurikuler maupun acara-acara keagamaan dan juga perayaan hari besar nasional. Dengan diadakanya kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing, mahasiswa mendapat pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan pengajaran dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan kedisiplinan merupakan faktor penting terlaksananya program-program PLT dengan baik. Dengan terselesaikannya kegiatan PLT ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas dimasa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT SMP N 2 Berbah, Bangkit Setiana.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55568

Actions (login required)

View Item View Item