LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Hasan Aminudin, Hasan Aminudin (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Laporan PLT Hasan Aminudin.doc

Download (7MB)

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa dalam rangka mengembangkan kemampuan dan keterampilan mengajar yang sebelumnya hanya dalam bentuk teori. Lokasi tim PLT UNY bertempat di TK Tunas Harapan Candirejo Berbah, Sleman selama kurang lebih dua bulan sejak diterjunkan pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Tujuan dari PLT ini adalah untuk mempersiapkan kemampuan, ketrampilan, dan mengembangkan potensi mahasiswa. Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang telah dilaksanakan yaitu 1) Administrasi kelas, 2) Penataan ruang UKS, 3) Menghias dan menata kelas, 4) Pembaharuan kebun, 5) Kunjungan (Field Trip), 6) Permainan anak, 7) Pendampingan senam, 8) Pendampingan ekstra Iqra dan tari, 9) Parenting. Pelaksanaan PLT diawali dengan observasi yang bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan sekolah, situasi dan potensi sekolah. Tahap selanjutnya perumusan program dan rancangan kegiatan PLT untuk merumuskan program yang tepat untuk TK Tunas Harapan Candirejo. Sebelum melaksanakan kegiatan PLT mahsiswa telah dibekali pengalaman pengajaran mikro. Kegiatan PLT merupakan kegiatan pengajaran di sekolah yang pelaksaannya dilakukan di 2 kelas, yaitu kelas A dengan jumlah murid 17 anak, dan kelas B dengan jumlah murid 15 anak. Program PLT telah dilaksanakan secara keseluruhan dan terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. Walaupun beberapa pelaksanaan kegiatan adanya hambatan yang muncul. Program PLT hampir seluruhnya mendapatkan sambutan yang positif dari pihak sekolah karena program yang diadakan dirasa sangat tepat dalam menunjang TK Tunas Harapan Candirejo ke arah yang lebih maju.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Universitar Negeri Yogyakarta, Pendidikan Anak Usia Dini, TK Tunas Harapan Candirejo, Berbah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55559

Actions (login required)

View Item View Item