LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Arinin Nadhifah, Arinin Nadhifah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Laporan PLT Arinin.docx

Download (1MB)

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang salah satu tujuannya adalah untuk mengembangkan kompetensi lulusan sebagai pendidik PAUD melalui pengalaman belajar secara langsung dalam situasi nyata di lapangan. Lokasi PLT bertempat di TK Tunas Harapan Desa Candirejo, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan dilaksanakan mulai tanggal 15 September 2017 – 15 November 2017. TK Tunas Harapan terdiri atas dua kelas, yang terdiri dari satu kelas kelompok A, dan satu kelas kelompok B. Kegiatan pembelajaran dimulai pada pukul 07.45 WIB dan berakhir pada pukul 10.00, kecuali jika ada kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di TK Tunas Harapan adalah iqro’ yang dilaksanakan setiap hari Senin dan Selasa, menari yang dilaksanakan setiap hari Rabu, dan melukis yang dilaksanakan setiap hari Kamis. Program kerja Praktik Lapangan Terbimbing yang telah dilaksanakan di TK Tunas Harapan Desa Candirejo, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu, pembuatan RPPH, pembuatan media, praktik mengajar, pendampingan mengajar, penilaian harian, pendampingan ekstra iqro', pendampingan ekstra menari, pendampingan ekstra melukis, penataan ruang UKS, setting kelas dan menghias kelas, administrasi sekolah, pendidikan luar sekolah, dan kerja bakti. Program praktik mengajar ini telah berhasil membuat 32 anak mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan, melalui media yang digunakan. Sebelum praktik mengajar, terlebih dahulu membuat RPPH, dan media pembelajaran. Dan setelah praktik mengajar, membuat penilaian kelas yang terdiri dari enam penilaian, yaitu: penilaian ceklis, penilaian percakapan, penilaian anekdot, penilaian hasil karya, penilaian unjuk kerja, dan penilaian observasi. Melalui pendampingan ekstra, anak dapat berkembang sesuai tahap perkembangannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Mengajar, Program Kerja,TK Tunas Harapan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55556

Actions (login required)

View Item View Item