Arwanti, Desi (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Judo Nagewaza Dalam Beladiri Polri di Sekolah Polisi Negara Selopamioro Imogiri Bantul. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-desi-arwanti-11711251039.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Judo nagewaza yang digunakan untuk Siswa Sekolah Kepolisian Negara Selopamioro Imogiri Bantul dalam mempelajari beladiri polri. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Kepolisian Negara Selopamioro Imogiri Bantul Peserta Didik Angkatan III Diktuk 2013 Pleton 1 Dalmas. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 42 Orang. Validator terdiri dari seorang ahli materi dan seorang ahli media. Pengembangan dilakukan dalam beberapa langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) proses pengembangan, (3) uji coba lapangan, dan (4) uji coba operasional. Studi pendahuluan meliputi: studi pustaka dan studi lapangan; Proses pengembangan meliputi: analisis tujuan, analisis kemampuan, pengembangan desain media pembelajaran, validasi ahli materi; Uji coba lapangan meliputi: uji coba lapangan terbatas dan uji coba lapangan lebih luas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar evaluasi. Produk yang dikembangkan adalah model pembelajaran Judo nagewaza dalam bentuk VCD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya semua aspek dalam media pembelajaran yang dikembangkan sangat baik. Penilaian ini dilihat dari dari hasil evaluasi yang diberikan kepada Pelatih serta siswa setelah siswa menggunakan media pembelajaran yang telah dikembangkan peneliti yang meliputi metode pembelajaran serta isi dari media pembelajaran. Hasil uji operasional dilihat dari komponen penilaian siswa terhadap metode pembelajaran dalam uji operasional yang dikembangkan : (1) pada teknik Osotogari mendapatkan nilai cukup baik yaitu sebesar 58.16%; (2) pada teknik Ogoshi mendapatkan nilai cukup baik yaitu sebesar 53.72%; (3) pada teknik Ippon Seoinage mendapatkan nilai baik yaitu sebsar 72.36%; (4) pada teknik Tai otoshi mendapatkan nilai baik yaitu 72.67%; (5) pada teknik Tomoe nage mendapakan nilai sangat baik yaitu sebesar 81.12%. Seluruh rerata penilaian yang diperoleh termasuk ke dalam kriteria baik. Berdasarkan rerata penilaian tersebut, maka media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat digunakan untuk mengajarkan Judo Nagewaza pada siswa Sekolah Kepolisian Negara.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, Judo, Siswa SPN |
Subjects: | Olahraga |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:44 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55529 |
Actions (login required)
View Item |