Hubungan Hasil Belajar Geografi dan Sikap Peduli Lingkungan Dengan Partisipasi Siswa dalam Kebersihan Lingkungan Sekolah di SMA Stella Duce Bantul.

Syaifullah, Said (2018) Hubungan Hasil Belajar Geografi dan Sikap Peduli Lingkungan Dengan Partisipasi Siswa dalam Kebersihan Lingkungan Sekolah di SMA Stella Duce Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-said-syaifullah-15727251009.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara hasil belajar geografi dengan partisipasi siswa dalam kebersihan lingkungan sekolah di SMA Stella Duce Bantul, (2) sikap peduli lingkungan dengan partisipasi siswa dalam kebersihan lingkungan sekolah di SMA Stella Duce Bantul, dan (3) hubungan antara hasil belajar geografi dan sikap peduli lingkungan secara bersama-sama dengan partisipasi siswa dalam kebersihan lingkungan sekolah di SMA Stella Duce Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X, XI, dan kelas XII sebanyak 129 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 49 siswa kelas X dan XI IPS yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial dengan tahap-tahap uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Terdapat hubungan yang positif antara hasil belajar geografi dengan partisipasi siswa dalam kebersihan lingkungan sekolah di SMA Stella Duce Bantul dengan hasil 0,388. (2) Terdapat hubungan yang positif antara sikap peduli lingkungan dengan partisipasi siswa dalam kebersihan lingkungan sekolah di SMA Stella Duce Bantul, dengan hasil 0,648. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar geografi dan sikap peduli lingkungan secara bersama-sama dengan partisipasi siswa dalam kebersihan lingkungan sekolah di SMA Stella Duce Bantul, dengan nilai 0,722.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar geografi, sikap peduli lingkungan, partisipasi siswa dalam kebersihan lingkungan sekolah.
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Feb 2018 02:26
Last Modified: 09 May 2019 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55522

Actions (login required)

View Item View Item