Pengaruh Penerapan Pendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS) terhadap Pemahaman Konsep, Berpikir Kreatif dan Peduli Lingkungan Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Darul Makmur.

Hifjir, Hifjir (2018) Pengaruh Penerapan Pendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS) terhadap Pemahaman Konsep, Berpikir Kreatif dan Peduli Lingkungan Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Darul Makmur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hifjir-15727251001.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan SETS terhadap: (1) pemahaman konsep; (2) berpikir kreatif; (3) peduli lingkungan siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Darul Makmur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi (quasi-experiment). Desain eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent static group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Darul Makmur dan SMA Bunga Bangsa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Darul Makmur yang terdiri dari dua kelas dan SMA Bunga Bangsa yang terdiri satu kelas. Siswa SMA Negeri 5 Darul Makmur diberi perlakuan pendekatan SETS, sedangkan siswa SMA Bunga Bangsatidak diberikan perlakuan SETS. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes kemampuan pemahaman konsep, tes berpikir kreatif dan angket peduli lingkungan. Data diuji dengan manova dan uji prasyarat normalitas serta uji homogenitas. Semua uji ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi software SPSS 17,0. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, dengan taraf signifikansi uji 0,05, pendekatan Science Environment, Technology, and Society (SETS) berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI SMA Negeri 5 Darul Makmur, pendekatan SETS berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 5 Darul Makmur, dan pendekatan SETS juga berpengaruh secara signifikan terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Darul Makmur.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SETS, pemahaman konsep, berpikir kreatif dan peduli lingkungan.
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Feb 2018 02:18
Last Modified: 09 May 2019 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55519

Actions (login required)

View Item View Item