LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Dinar Rifa’i, Dinar Rifa’i (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Dinar Rifa'i.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa bidang pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kegiatan yang dilakukan pada dalam kuliah ini adalah praktek langsung di lapangan (sekolah). Dengan demikian PLT bagi mahasiswa berperan dalam mengembangkan softskill mahasiswa dalam bidang pendidikan serta menjadi wadah untuk mempratekan teoriteori yang sudah didapatkan ketika berada di kampus. Dalam pelaksanaan PLT, mahasiswa tidak hanya belajar menjadi seorang guru tetapi juga belajar tentang bagaimana kegiatan yang dilakukan guru ketika sedang tidak berada didalam kelas seperti dalam hal administrasi. Kegiatan PLT bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar menjadi seorang guru secara utuh. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 yang berlokasi di SMA N 1 Depok dilaksanakan pada tanggal 15 September – 15 November 2017. Kegiatan PLT berbentuk dalam kegiatan belajar mengajar dikelas. Kegiatan praktik pembelajaran diadakan di dalam kelas yang bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman langsung. Dalam PLT ini mahasiswa praktikan diberi amanah untuk mengajar mata pelajaran Sejarah Peminatan hal ini memang dikarenakan mahasiswa berasal dari jurusan Pendidikan Sejarah. Adapun kelas praktik yang diberikan kepada mahasiswa adalah kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. Selain berlatih untuk menjadi seorang guru secaralangsung kegiatan PLT di sekolahan juga mengenalkan mahasiswa mengenai manajemen sekolah serta melakukan kegiatan di luar pembelajaran formal seperti ekstrakurikuler. Kegiatan persekolahan tersebut meliputi piket guru di ruang piket, piket 3S, dan piket menjaga perpustakaan. Hasil yang diperoleh melalui kegiatan PLT adalah tingkat ketertarikan siswa SMAN 1 Depok kelas XI IPS terhadap mata pelajaran sejarah tergolong cukup tinggi. Selain itu penggunaan model pembelajaran diskusi, cooperative learning, Jigsaw dan penggunaan media audio visual ternyata meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang diberikan serta memudahkan mahasiswa dalam menyampaikan materi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, pembelajaran, media
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Feb 2018 01:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55516

Actions (login required)

View Item View Item