LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Hannuna Dzawinnuha, Hannuna Dzawinnuha (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Hannuna Dzawinnuha.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Untuk menjadi seorang pendidik yang profesional khususnya seorang guru haruslah dimiliki empat kompetensi yaitu kompetensi profesional, kompetensi sosial, kompetensi pedagogis, dan kompetensi kepribadian. Di Universitas Negeri Yogyakarta, untuk mengembangkan keempat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik tersebut dalam diri mahasiswa dilakukan dengan penyelenggaraan Program Lapangan Terbimbing. Program Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan program Magang III Kependidikan yang harus ditempuh oleh mahasiswa S-1 program studi Kependidikan dan memiliki bobot mata kuliah 3 SKS. Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing di SMA Negeri 1 Depok yang berlokasi di Jalan Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman berlangsung selama kurang lebih dua bulan, mulai tanggal 15 September 2017 – 15 November 2017. Kegiatan yang dilakukan selama PLT adalah kegiatan mengajar dan kegiatan manajemen administrasi sekolah yang diadakan oleh SMA Negeri 1 Depok. Praktik mengajar dilakukan dengan ketentuan minimal 8 kali pertemuan. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 5 Oktober 2017. Adapun hasil yang diperoleh dari pelaksanaan PLT ini adalah keterampilan dan pengalaman mengajar dan pengelolaan administrasi sekolah. Praktik mengajar berjalan dengan lancar secara umum, meskipun terdapat kendala yang dapat diatasi dengan melakukan konsultasi dengan guru pembimbing serta terus memperbaiki diri selama proses PLT berlangsung. Dengan adanya kegiatan PLT ini, mahasiswa dapat mengetahui dan merasakan langsung bagaimana menjadi seorang guru. Mahasiswa langsung menghadapi siswa yang punya berbagai keragaman dan problematika dalam kelas. Dapat dikatakan, kegiatan PLT di SMA Negeri 1 Depok berjalan lancar. Kegiatan PLT ini memberikan manfaat yang besar untuk mahasiswa. Selain dapat mengembangkan keterampilan mengajar dan pengelolaan administrasi sekolah, mahasiswa juga mendapatkan keterampilan untuk mengelola kelas dan mampu mentransfer ilmu yang diberikan selama di bangku perkuliahan. Disamping itu, hubungan kekeluargaan yang baik dapat dibangun antara mahasiswa dengan kepala sekolah, guru, karyawan dan juga dengan siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PLT, SMA Negeri 1 Depok.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Feb 2018 07:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55502

Actions (login required)

View Item View Item