LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Ega Ramadhanti, Ega Ramadhanti (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ega Ramadhanti- PENDIDIKAN SOSIOLOGI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah PLT merupakan salah satu program kegiatan yang diselenggarakan oleh LPPMP dengan tujuan untuk memberikan pengalaman dan ketrampilan bagi mahasiswa, yaitu pengalaman belajar yang kaya, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. PLT di sekolah bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun manajerial kelembagaan. Selain itu juga memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri serta meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan pihak sekolah. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta UNY) dilaksanakan di SMA Negeri 1 Depok Sleman yang berlokasi di Jalan Babarsari, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan berlangsung selama kurang lebih 2 bulan, terhitung sejak tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing dimulai dari observasi hingga praktik mengajar yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan praktik mengajar di kelas dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Selain itu, praktikan juga berperan dalam kegiatan sekolah lainnya seperti piket di ruang piket, membantu bagian Tata Usaha (TU), perpustakaan, UKS, dan membantu berbagai kegiatan insidental lainnya. Dengan adanya pelaksanaan program Praktik Lapangan Terbimbing diharapkan praktikan memiliki bekal untuk menjadi tenaga pendidik (guru) yang profesional. Adapun hasil yang dicapai selama pelaksanaan program Praktik Lapangan Terbimbing mahasiswa memperoleh pengalaman, keterampilan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah dan berbagai kegiatan non mengajar lainnya. Adapun manfaat yang dapat dirasakan oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang pendidikan Sosiologi yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan di Universitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMA Negeri 1 Depok, Pendidikan Sosiologi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Feb 2018 07:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55500

Actions (login required)

View Item View Item