LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Ardiani Nur Fadhila, Ardiani Nur Fadhila (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ardiani Nur Fadhila P.B. Perancis 14204244008.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan langkah pembelajaran strategis bagi mahasiswa sebagai upaya mengembangkan kompetensinya sebagai calon seorang pendidik dalam menuju era tenaga kependidikan yang professional. Tujuan praktik lapangan ini adalah memberikan pembelajaran dan pengalaman kepada mahasiswa kependidikan mengenai tugas seorang guru, seperti mengajar di kelas; menjaga loby administrasi; menjalin komunikasi antar guru lainnya, karyawan, dan peserta didik; serta memahami permasalahan pendidikan di sekolah. Kegiatan praktik ini mulai dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 hingga 15 November 2017 di SMA N 1 Depok yang meliputi praktik kegiatan mengajar dan nonmengajar. Adapun kelas praktik yang diampu ialah kelas X IPS 1, X IPS 2, dan X IPS 3 tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan kegiatan mengajar di kelas adalah memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam hal mengajar. Sementara tujuan kegiatan nonmengajar ialah mengenalkan mahasiswa praktikan mengenai manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar pembelajaran formal yang meliputi piket harian guru di ruang piket, piket menjaga dan mengelola perpus, dan membantu persiapan UTS. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan mampu mempersiapkan mahasiswa kependidikan untuk menjadi guru yang siap, profesional, dan yang memiliki kualitas baik, karena di dalam praktik lapangan ini mahasiswa selalu dibimbing oleh guru pembimbing SMA dan dosen pembimbing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, mahasiswa, pembelajaran, SMA N 1 Depok
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Feb 2018 07:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55494

Actions (login required)

View Item View Item