PERBANDINGAN EFEKTIFITAS SPORT MASSAGE DAN FRIRAGE MASSAGE TERHADAP TEKANAN DARAH DAN DENYUT NADI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN MAHASISWA (PPM) AR-ROYYAN BAITUL HAMDI

Raharja, Ashaf Nur Rosyid Teguh (2018) PERBANDINGAN EFEKTIFITAS SPORT MASSAGE DAN FRIRAGE MASSAGE TERHADAP TEKANAN DARAH DAN DENYUT NADI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN MAHASISWA (PPM) AR-ROYYAN BAITUL HAMDI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Ashaf Nur Rosyid Teguh Raharja_13603141026.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sport Massage dan Frirage Massage adalah dua jenis manipulasi yang mempunyai manipulasi dan perlakuan yang berbeda. Jika Sport Massage memiliki banyak macem tehniknya dan cara manipulasi menggunukan bagian telapak tangan sedangkan Frirage Massage hanya dengan penggabungan tehnik Effluerage dan Friction cara manipulasi menggunakan ibu jari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh sport mssage dan Frirage massage terhadap tekanan darah dan denyut nadi, dan mengetahui perbandingan efektifitas Sport Massage dan Frirage Massage terhadap perubahan tekanan darah dan denyut nadi pada santri Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) AR-Royyan Baitul Hamdi. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen, desain yang digunakan yaitu “one group pretest and posttest design”. Populasi dalam penelitian ini adalah santri laki-laki Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) AR-Royyan Baitul Hamdi yang berjumlah 110. Tehnik pengambilan sampel menggunakan teknik sumpling purposif dengan ciri respoden jenis kelamin laki-laki, kebutuhan tidur kurang dari 6 jam dan usia 19-23 tahun, maka didapat sampel 40 santri. Teknik analisis data menggunakan uji manova metode Levene’s untuk uji Homogenitas, Least Significance Difference (LSD) untuk uji efektiftas dengan saraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menujukan bahwa: Ada pengaruh Sport Massage terhadap perubahan tekanan darah sistoel dan distole serta denyut nadi secara signifikan (p<0.05). Ada pengaruh Frirage Massage terhadap perubahan tekanan darah sistole dan distole serta denyut secara signifikan (p<0,05). Frirage Massage lebih efektif dibandingkan sport massage terhadap perubahan tekanan darah sistole dan distole secara signifikan (p<0.05). Frirage Massage dan Sport Massage tidak ada perbandingan yang lebih efektif terhadap denyut nadi secara signifikan (p>0.05).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 13603141028
Uncontrolled Keywords: sport massage, frirage massage, tekanan darah dan denyut nadi
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:08
Last Modified: 30 Jan 2019 15:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55479

Actions (login required)

View Item View Item