PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG KELAS XI AK 3 SMK NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2017/2018

DESY, HARLY SINTYA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG KELAS XI AK 3 SMK NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
14803241020_Harly Sintya Desy_SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Peningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas XI AK 3 SMK N 1 Depok tahun ajaran 2017/2018 dan (2) Peningkatkan Hasil Belajar siswa kelas XI AK 3 SMK N 1 Depok tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kompetensi dasar akuntansi perusahaan dagang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama minimal 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah 31 Siswa kelas XI AK 3 SMK Negeri 1 Depok. Teknik pengumpulan data dengan Observasi Partisipai dan Angket untuk Motivasi Belajar Siswa, sedangkan Hasil Belajar Siswa dengan Tes Hasil Belajar. Teknis analasis data adalah analisis data kuantitatif, yaitu meliputi persentase skor motivasi belajar siswa dan rata-rata nilai tes hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa kelas XI AK 3 SMK Negeri 1 Depok tahun ajaran 2017/2018 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor Motivasi Belajar Siswa dan nilai rata-rata hasil belajar siswa. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan observasi dari Prasiklus – Siklus I sebesar 6,75% dan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 9,68%. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dari Siklus I ke Siklus II berdasarkan angket adalah sebesar 4,85%. Pada Siklus I Hasil Belajar Siswa belum mencapai kriteria minimal ketuntasan sebesar 75% yaitu sebesar 16,67%. Pada Siklus II Hasil Belajar Siswa sudah mencapai kriteria minimal ketuntasan 75% yaitu sebesar 93,33%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 09 Feb 2018 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 15:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55476

Actions (login required)

View Item View Item