PENGARUH INOVASI PRODUK, KREATIVITAS PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus pada Produk Kerajinan Enceng Gondok “AKAR”)

Kurniasari, Rika (2018) PENGARUH INOVASI PRODUK, KREATIVITAS PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus pada Produk Kerajinan Enceng Gondok “AKAR”). S1 thesis, Fakultasa Ekonomi.

[img]
Preview
Text
RikaDeviKurniasari_15808147028.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi konsumen terhadap inovasi produk, kreativitas produk, kualitas produk, dan keunggulan bersaing pada kerajinan enceng gondok “AKAR”, (2) pengaruh inovasi produk, kreativitas produk dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing pada kerajinan enceng gondok “AKAR”, (3) pengaruh inovasi produk, kreativitas produk dan kualitas produk secara serempak terhadap keunggulan bersaing pada kerajinan enceng gondok “AKAR”. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan kerajinan enceng gondok “AKAR”. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi konsumen terhadap inovasi produk, kreativitas produk, kualitas produk, dan keunggulan bersaing pada kerajinan enceng gondok “AKAR” berada dalam kategori sedang, (2) inovasi produk secara individual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 6,404; nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,416, (3) kreativitas produk secara individual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 4,658; nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,305; (4) kualitas produk secara individual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, dibuktikan nilai t hitung sebesar 5,863; nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,343; dan (5) inovasi produk, kreativitas produk, dan kualitas produk secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 73,094 dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 19 Feb 2018 02:38
Last Modified: 30 Jan 2019 15:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55472

Actions (login required)

View Item View Item