ULFA NUR IKAWATI, ULFA NUR IKAWATI (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
14803241037_ULFA NUR IKAWATI_P.AKUNTANSI.pdf Download (26MB) | Preview |
Abstract
Dalam perjalanannya meraih gelar Sarjana Strata Satu (S1), mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta harus menempuh beberapa mata kuliah wajib sesuai dengan kurikulum yag telah disusun. Salah satu mata kuliah wajib tersebut adalah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Mata kuliah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Selain itu, mata kuliah tersebut juga bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh mahasiswa selama menjalani kegiatan perkuliahan di kampus. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) mempunyai sasaran dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. PLT diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam membangun pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kopetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Penyusun melaksanakan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMK Negeri 1 Tempel yang beralamat di Jalan Magelang km 17, Jlegongan, Margorejo, Tempel, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai sejak observasi hingga pelaksanaan PLT yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan di kelas XI AK 1, XI AK 2, dan XI AK 3 untuk mata pelajaran Akuntansi Keuangan, serta kelas X AK 1, X AK 2, dan X AK 3 untuk mata pelajaran Etika Profesi. Kegiatan PLT selama kurang lebih dua bulan di SMK Negeri 1 Tempel ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Akuntansi yang diperoleh melalui perkuliahan. Dengan melaksanakan PLT, mahasiswa memperoleh gambaran bagaimana kerja keras seorang guru, sehingga mahasiswa lebih siap untuk melaksanakan tugas sebagai seorang guru setelah lulus nantinya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), Pengalaman Belajar, Penerapan Ilmu Pengetahuan |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 08 Feb 2018 07:09 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55466 |
Actions (login required)
View Item |