LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Noviana Nur Vatoni, Noviana Nur Vatoni (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14803241030_NOVIANA NUR VATONI_PEND. AKUNTANSI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas dan misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan sebagai tenaga profesional. Dalam menyiapkan tenaga kependidikan tersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa melalui proses belajar mengajar melalui mata kuliah Ilmu Pendidikan, Psikologi pendidikan, Metodologi Penelitian, Evaluasi Pembelajaran Akuntansi, Manajemen Pendidikan, Pengajaran Mikro, dan PLT. PLT merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh LPPMP UNY untuk Mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang dilaksanakan di lembaga pendididkan . Pelaksanaan PLT ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PLT UNY 2017 adalah SMK Negeri 1 Tempel yang beralamat di Jalan Magelang km 17, Jlegongan, Margorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta. Kegiatan PLT ini dilaksanakan pada tanggal 15 September - 15 November 2017. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dengan kegiatan observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar yang dilakukan di SMK N 1 Tempel dilaksanakan setelah konsultasi dengan guru pembimbing mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PLT dilaksanakan pada Kompetensi Keahlian Akuntansi di kelas X AK 1, XI AK 2, dan XI AK 3. Selain itu, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti mendampingi ekstrakurikuler futsal, piket Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), piket di ruang piket, piket among siswa, inventarisasi buku-buku perpustakaan, dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Hasil dari pelaksanaan PLT selama kurang lebih dua bulan di SMK N 1 Tempel ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang pendidikan akuntansi yang diperoleh di bangku perkuliahan. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat dan motivasi dari guru pembimbing lapangan, teman – teman satu tim dan berkat kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMK Negeri 1 Tempel
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Feb 2018 05:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55460

Actions (login required)

View Item View Item