LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRATIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

ARI FIRMANSYAH, ADITYA HARIST (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRATIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14520244008_ADITYA HARIST ARI F_P. TEKNIK INFORMATIKA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam perjalanannya meraih gelar Sarjana Strata Satu (S1), mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta harus menempuh beberapa mata kuliah wajib sesuai dengan kurikulum yag telah disusun. Salah satu mata kuliah wajib tersebut adalah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Mata kuliah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Selain itu, mata kuliah tersebut juga bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh mahasiswa selama menjalani kegiatan perkuliahan di kampus. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) mempunyai sasaran dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. PLT diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam membangun pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kopetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Penyusun melaksanakan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMK Negeri 1 Tempel yang beralamat di Jalan Magelang km 17, Jlegongan, Margorejo, Tempel, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai sejak observasi hingga pelaksanaan PLT yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan di kelas X TKJ untuk mata pelajaran Simulasi Komunikasi Digital, serta kelas XII PM 1, XII PM 2, XII PM 3, XII AP 1, XII AP 2, XII AP 3, XII AK 1, XII AK 2 dan XII AK 3 untuk mata pelajaran KKPI. Kegiatan PLT selama kurang lebih dua bulan di SMK Negeri 1 Tempel ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Teknik Informatika yang diperoleh melalui perkuliahan. Dengan melaksanakan PLT, mahasiswa memperoleh gambaran bagaimana kerja keras seorang guru, sehingga mahasiswa lebih siap untuk melaksanakan tugas sebagai seorang guru setelah lulus nantinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), Pengalaman Belajar, Penerapan Ilmu Pengetahuan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Feb 2018 04:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55453

Actions (login required)

View Item View Item