PENGEMBANGAN HANDOUT FISIKA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA

Pujiyanti, Puput and Wiyatmo, Yusman (2018) PENGEMBANGAN HANDOUT FISIKA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.

[img]
Preview
Text
Puput Pujiyanti-13302244037.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan produk bahan ajar yang berupa handout fisika menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan teknik probing prompting yang layak untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA; (2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan handout fisika menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan teknik probing prompting pada meteri fluida statis; (3) mengetahui besar peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan handout fisika menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan teknik probing prompting pada materi fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE menurut Branch. Tahap analyze merupakan tahap awal untuk mengidentifikasi permasalahan. Tahap design merupakan tahap untuk mengembangkan rancangan awal bahan ajar handout fisika menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan teknik probing prompting. Tahap develop dihasilkan bahan ajar handout fisika menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan teknik probing prompting yang layak serta dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis. Tahap implementation merupakan tahap uji luas untuk memperoleh data hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis. Tahap evaluate merupakan tahap untuk memperbaiki handout fisika menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan teknik probing prompting sesuai saran dari tanggapan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) handout fisika menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan teknik probing prompting layak digunakan dengan kategori sangat baik; (2) peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA 1 dan XI MIA 6 ditunjukkan oleh nilai standard gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang; (3) peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIA 1 dan XI MIA 6 ditunjukkan oleh nilai standard gain sebesar 0,26 dengan kategorip rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: handout, hasil belajar, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 09 Feb 2018 02:54
Last Modified: 30 Jan 2019 15:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55448

Actions (login required)

View Item View Item