IDENTIFIKASI KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) TK KELOMPOK B DI KECAMATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA

Ghina, Amalia (2018) IDENTIFIKASI KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) TK KELOMPOK B DI KECAMATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Ghina Amalia_13111241039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: menggambarkan kecakapan hidup aspek kesadaran diri, berpikir rasional, sosial, dan pra-vokasional pada anak TK kelompok B di Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen yang digunakan berupa angket sejumlah 39 item dengan empat alternatif jawaban. Populasi dalam penelitian ini adalah 18 TK dengan sampel 7 TK se-Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta. Responden penelitian ini adalah orang tua dan/ guru TK di Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecakapan kesadaran diri anak TK kelompok B di Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta berada dalam predikat berkembang sangat baik (BSB) dengan presentase 86,27% (responden guru) dan 87,1% (responden orangtua); (2) kecakapan berpikir rasional anak TK kelompok B di Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta berada dalam predikat berkembang sangat baik (BSB) dengan presentase 83,07% (responden guru) dan 80,83% (responden orangtua); (3) kecakapan sosial anak TK kelompok B di Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta berada dalam predikat berkembang sangat baik (BSB) dengan presentase 80,22% (responden guru) dan berada dalam predikat berkembang sesuai harapan (BSH) dengan presentase 74,55% (responden orangtua); (4) kecakapan pra-vokasional anak TK kelompok B di Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta berada dalam predikat berkembang sangat baik (BSB) dengan presentase 82,38% (responden guru) dan 79,35% (responden orangtua). Kata kunci: kecakapan hidup, taman kanak-kanak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 08 Feb 2018 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 15:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55447

Actions (login required)

View Item View Item