PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI SMA KELAS XII

Wijaya, Teduh Sukma and Sugiyono, Sugiyono (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI SMA KELAS XII. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.

[img]
Preview
Text
1. BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB II.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis multimedia pada materi transformasi geometri untuk peserta didik SMA kelas XII, (2) mendeskripsikan kualitas media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi transformasi geometri untuk peserta didik SMA kelas XII yang dikembangkan, ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Sleman. Pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan observasi. Hasil penelitian dan pengembangan: (1) Media pembelajaran matematika berbasis multimedia pada materi transformasi geometri untuk peserta didik SMA kelas XII dengan model penelitian pengembangan versi ADDIE, (2) hasil penilaian ahli materi untuk kualitas isi dan tujuan 3,02 dengan kategori baik dan kualitas instruksional mendapatkan skor 3,00 dengan kategori baik. Hasil penilaian ahli media pada kualitas teknis mendapat skor rata-rata 3,26 dan kualitas komunikasi visual mendapat 3,10 dengan kategori baik, penilaian ahli menunjukkan media termasuk dalam kategori valid, (3) rata-rata skor dari respon peserta didik 3,15 dan 3,60 dari respon guru menunjukkan media termasuk dalam kategori praktis, (4) prosentase peserta didik yang mencapai KKM dalam LKS translasi 62,5%, rotasi 37,5%, refleksi 78,12%, dilasi 93,75% dan tes hasil belajar 90,62% sehingga media yang dikembangkan termasuk dalam kategori efektif. Dengan demikian, media pembelajaran matematika berbasis multimedia pada materi transformasi geometri layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk kelas XII.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia, Transformasi Geometri
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Feb 2018 02:37
Last Modified: 30 Jan 2019 15:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55444

Actions (login required)

View Item View Item