LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Muhammad Radoza Agatama, Muhammad Radoza Agatama (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14518244018_Muhammad Radoza Agatama.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) / Magang III merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa Univesitas Negeri Yogyakarta program pendidikan S1. Program ini bertujuan untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang profesional. PLT / Magang III mencakup tugas-tugas kependidikan, baik berupa latihan mengajar secara terbimbing dan mandiri, maupun tugas-tugas lainya yang menjadi profesi kependidikan dan keguruan yang profesional. Melalui program ini juga mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya yangdiperoleh selama perkuliahan kedalam kehidupan nyata atau dalam hal ini adalah sekolah sehingga mahasiswa akan memperoleh pengalaman yang akan berguna di masa depan. Observasi sekolah merupakan kegiatan awal dari PLT / Magang III yang dilakukan sebagai tolak ukur dalam perumusan program PLT / Magang III. Selain itu, bimbingan dengan guru pembimbing juga dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan PLT / Magang III. Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) / Magang III dilaksanakan dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 bertempat di SMK Hamong Putera 2 Pakem Program Studi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Sekolah ini beralamat di Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Kegiatan yang dilakukan selama PLT antara lain adalah persiapan administrasi mengajar, mengajar terbimbing & mandiri, dan melakukan kegiatan lain yang ada di sekolah. Dalam pelaksanaanya, mahasiswa praktikan memperoleh mata pelajaran Merangkai Instalasi Tenaga Listrik Bangunan Sederhana (MITLBS) di kelas XI TITL 1 dan 2. PLT yang dilaksanakan oleh mahasiswa UNY di SMK Hamong Putera 2 Pakem memberikan dampak yang positif. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT ini adalah pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Semua pengalaman ini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik yang nantinya akan terjun secara langsung di dunia pendidikan. Hal yang terpenting dalam kegiatan PLT ini adalah pengalaman ini dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat pada waktu mendatang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, SMK, Hamong Putera, Pakem
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Feb 2018 08:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55439

Actions (login required)

View Item View Item