LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Novia Ayu Wulandari, Novia Ayu Wulandari (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14518244004_Novia Ayu Wulandari.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) / Magang III tau yang dulunya disebut PPL, merupakan salah satu mata kuliah yang wajib untuk mahasiswa Univesitas Negeri Yogyakarta program pendidikan S1. Program ini bertujuan untuk menyiapkan tenaga kependidikan (calon guru) agar mengenal lingkungan sekolah yang sesungguhnya. PLT / Magang III mencakup tugas-tugas kependidikan, baik berupa latihan mengajar secara terbimbing dan mandiri, maupun tugas-tugas lainya yang menjadi profesi kependidikan dan kegurua. Melalui program ini mahasiswa dapat mengamalkan ilmu akademisnya yang diperoleh selama perkuliahan kedalam sekolah sehingga mahasiswa akan memperoleh pengalaman sebelum terjun langsung menjadi guru. Kegiatan awal dari PLT / Magang III yaitu observasi yang bertujuan sebagai tolak ukur dalam perumusan program PLT / Magang III. Disaat observasi inilah mahasiswa PLT dapat menentukan mata pelajaran yang akan diampu. Saya mengajar mata pelajaran Mengoprasikan Sistem Pengendali Elektro Magnetik (MSPET) di kelas XI TITL 1.Setelah observasi dirasa cukup barulah mahasiswa PLT menyusun rencana pembelajaran yang akan dipraktikan di sekolah. Selain itu, bimbingan dengan guru pembimbing juga dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan PLT / Magang III. Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) / Magang III dilaksanakan dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 bertempat di SMK Hamong Putera 2 Pakem Program Studi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Sekolah ini beralamat di Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Kegiatan yang dilakukan selama PLT antara lain adalah persiapan administrasi mengajar, mengajar terbimbing & mandiri, dan melakukan kegiatan lain yang ada di sekolah, sehingga mahasiswa PLT merasakan bagaimana menjadi guru secara nyata.tentunya pada saat plt berlangsung terus di beri bimbingan oleh guru pembimbing di sekolah. PLT yang dilaksanakan oleh mahasiswa UNY di SMK Hamong Putera 2 Pakem memberikan hasil yang baik. Pengalaman yang di perolehpun tak ternilai harganya. di SMK Hamong Putera 2 Pakem ini mahasiwa PLT dapat melatih kemampuan mengajar, menegtahui masalah nyata pada peserta didik dan mencari cara bagaimana mengatasi masalah tersebut. Melatih mahasiswa membuat perangkat mengajar yang benar. Inti kegiatan PLTpun dapat tercapai, yaitu memberikan pengalaman nyata mengajar di sekolahan sebagai bekal agar siap menghadapin dunia pendidikan nanti.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Mengoprasikan Sistem Pengendali Elektro Magnetik, SMK, Hamong Putera, Pakem
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Feb 2018 08:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55438

Actions (login required)

View Item View Item