LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Muhammad Said, Muhammad Said (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14518241044_Muhammad Said.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMK Hamong Putera 2 Pakem merupakan kegiatan terjun langsung ke lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk tujuan: (1) mempersiapkan mahasiswa tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang profesional; dan (2) menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang profesional. Kegiatan PLT ini diawali dengan melakukan observasi pada sekolah yang akan digunakan sebagai lokasi praktik tersebut. Observasi merupakan kegiatan awal yang dilakukan sebagai tolak ukur dalam perumusan program PLT. Program PLT ini dilaksanakan dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 yang bertempat di SMK Hamong Putera 2 Pakem pada Program Studi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Sekolah ini berlamat di Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama PLT antara lain adalah persiapan administrasi mengajar, mengajar terbimbing dan mengajar mandiri, dan melakukan kegiatan lain yang ada di sekolah. Pada pelaksanaannya, mahasiswa PLT memperolah mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) di kelas X TITL. Kegiatan PLT yang dilaksanakan mahasiswa mampu memberikan dampak yang positif bagi sekolah SMK Hamong Putera 2 Pakem. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT ini antara lain: (1) mendapatkan pengalaman mengajar pada kondisi yang sebenarnya; dan (2) mahasiswa dapat mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang rimbul di lingkungan sekolah khusunya di kelas pada saat mengajar. Semua pengalaman yang diperolah mahasiswa ini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebaga calon tenaga pendidik yang nantinya akan terjun secara langsung ke dunia pendidikan. Hal penting yang diperoleh selama kegiatan PLT ini adalah pengalaman yang nantinya akan dijadikan sebagai bekal dalam pengabdian diri di sekolah maupun di masyarakat pada waktu mendatang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SMK Hamong Putera 2 Pakem, Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), Dasar Listrik dan Elektronika (DLE)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Feb 2018 07:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55436

Actions (login required)

View Item View Item